Jumat, 29 November 2019

Menjelajah Pulau Belitong (Tanjung Pandan) Bag. 1

Asiiik.. Akhirnya liburan lagi.. 😆
Biasanya akhir tahun gini kami jadwalnya pulang kampung ke Malang, liburan disana agak lama sambil ngabisin jatah cuti Pabeb yang bakal ke reload tiap tanggal 1 Desember. Tapi karena Emak-Atuk, Kung-Uti, nya Ipo sudah ke Bekasi duluan, jadinya kami gak boleh pulkam dulu dalam waktu dekat 😭. Kok ada orang tua yang ngelarang anaknya pulang? Ya mereka ini. 😑
Sebelumnya kami bingung nih mau liburan kemana, sisa cuti masih ada, tapi gak boleh pulang, gak dipake sayang. Ternyata bulan kemarin tiba-tiba divisi Pabeb yang punya rencana rekreasi ke Jogja untuk pegawainya aja batal, karena spv mereka gak bisa ikut. Eh tapi kemudian Pabeb usul gimana kalo tujuannya ganti ke Belitung, dan bersama keluarga.
Wah Alhamdulillah yess, mungkin ini berkat doa-doa para anak istri yang tiap tahun gak diajak rekreasi karena yang jalan-jalan cuma pegawainya aja. Bahkan rekreasi bersama keluarga sekantor yang 2 tahun sekali juga kemarin gak jadi loh, diganti dengan employee gath lagi, apa gak sedih.
Sebetulnya acaranya Sabtu-Minggu sih, tapi karena Pabeb gatel kalo jatah cutinya gak kepake, alhasil kami berangkat duluan hari Kamis 😅 (bayar sendiri yess).

28 November 2019

Si bocah heppi kalo tau mau jalan-jalan. Gak tau mau kemana aja pokoknya hayuk 😂. Tak lupa membawa selimut gombal kemana pun dan bagaimanapun keadaannya. 😅
Lucunya, si Pabeb baru nyampe bandara CGK udah dicariin orang banyak 🤦‍♀. Bolos sih pak 😒 (cuti sih) Sangking bingungnya hape centrang centring, tu koper sampe lupa gak dibawa, ditinggal gitu aja dipemeriksaan. 😑 Untung sadarnya belum jauh. Itu fotonya setelah ngambil koper yang kelupaan, dan masih fokus ke hape 😑.
Awww.. Pemandangan dari atas udah bikin jatuh hati 😍. (Gak ada gedung-gedung pencakar langit dan rumah yang dempet-dempetan 😂).
 Cuma butuh waktu sekitar satu jam perjalanan udara kami sudah mendarat di Bandara H. AS. Hasnandjoeddin, Tanjung Pandan, Belitung.
Kalo Bahasa Indonesia mungkin disebutnya Belitung, tapi orang sini asli yang masih menggunakan logat Melayu penyebutannya menjadi Belitong.
Oiya, yang berangkat hari Kamis gak cuma kami bertiga lho, bareng temen Pabeb juga beserta istrinya, jadi kami totalnya 5 orang, eh apa 4,5 🙈.
Setelah turun bandara kami masih bingung mau kemana karena check-in hotel jam 14.00 sedangkan sekarang masih jam 11. Yang penting cari makan dulu, karena kami berangkat gak pake sarapan (Ipo doang yang sudah sarapan), nasib sekarang rumahnya jauh dari bandara jadi berangkat pagian biar gak kena macet dan takut telat 😭 alhasil gak pake makan, di pesawat dikasih cemilan sih tapi Ipo juga yang makan 😂.
Keluar bandara naik taksi, pokoknya terserah anter aja kami ke tempat makan 😂. Di perjalanan ngobrol sama pak supir yang orang asli Belitong. Tanya-tanya tempat yang akan kami kunjungi dan ternyata tempatnya jauh dari kota, bahkan hotel yang akan kami datangi pun lebih jauh lagi. Diskusi dalem mobil taksi berujung dengan sepakat untuk nyewa mobil sendiri selama 2 hari untuk memudahkan mobilisasi 😅 (gojek disini udah ada, tapi masih sedikit dan lebih banyak di kota).
Pak supir taksi yang menghubungi kenalannya persewaan mobil. Uniknya, mereka percaya aja gitu sama kita. Sewa mobil tanpa DP, tanpa jaminan (KTP cuma di foto doang) 😅 coba di kota lain mana boleh? DP wajib, jaminan bisa minta KTP/SIM gak cuma 1 bahkan. Beneran nih pak? "Santai aja, kita percaya aja. Disini kalo ada apa-apa cepet ketemu kok, pulau kecil ini". Ya bener ugaa 😅 gak mungkin juga kita keluar pulau 😂.
Setelah makan perjalanan menuju hotel, dan bener aja tempatnya jauh banget. Padahal gak ada macet, ya gimana jalanannya sepi banget gak banyak kendaraan 😂. Perjalanan sekitar 45 menit menuju hotel, berbekal gmaps. Lewat pinggiran pantai yang pemandangannya MaasyaAlloh. Tapi kemudian yang terlihat hutan-hutan, rumah cuma 1-2, lha ini kalo malem pegimane? 😅
Untuk hari pertama kami menginap di Hotel Santika Premier Beach Resort.
Pesan kamar beach view, tapi dapetnya di lantai 2, ya jadinya kehalang pohon 🤦‍♀ kelihatan sih pantainya, sedikit 😂.
Setelah rebahan dan tidur sebentar, waktunya basah-basahan 😆. Heppiiii 😍
Kolamnya cantik langsung menghadap laut dan bisa langsung turun ke pantai, jadi bisa langsung foto-foto cantik sambil berenang.
Selain emang udah sore, tapi emang cuacanya mendung juga jadi kelihatannya gelap banget.
Habis bilas, langsung ke dermaga karena ada live music gitar dan biola gitu. Lucunya waktu kami jalan ke dermaga, mungkin karena ada Ipo, performersnya bawain lagu " Hey Tayo" dong~ 😂😂😂
Malemnya cari makan di kota yang harus ditempuh 45 menit perjalanan dengan mobil tanpa macet, tapi melalui jalanan gelap, sepi dan hutan-hutan belum lagi hujan. Dan ujung-ujungnya makan di fast food yang di Jakarta banyak 🤦‍♀ yaudahlah ya SKIP.

29 November 2019

Pagi-pagi banget Ipo sudah bangun dan minta keluar, ya udah deh mainan pasir aja ya sambil nungguin Pabeb bangun. Karena semalem habis hujan, paginya cerah banget, bagus ya langitnya 😍.
Di dekat kolam ada arena bermain pasir ini, dan memang disediakan untuk anak-anak sepertinya karena banyak mainan pasir disini. Seneng ya po, main pasir pagi-pagi padahal belum mandi 😂.
Setelah Pabeb bangun dan nyusulin ke arena main pasir ini, baru deh kita menuju restoran untuk sarapan. Tempat restoran hotel tepat lurus dengan dermaga ini. Jadi kalo makan di teras restoran bisa makan sambil nikmatin pemandangan laut dan pantai. Makanannya enak banget, gak ada dokumentasinya, udah laper banget pemirsah 🤣.
 Sudah pada kenyang, yuk balik kamar yuk.. Waktu check-out nya masih lama. Ngapain? Sesudah kenyang ya tidur 😂.
Pose tidurnya gini amat pak.
Kalo Mabeb mah teteup gak bisa tidur lama-lama, karena harus packing lagi buat check-out. Iya, kami harus pindah hotel hari ini karena untuk rombongan hotelnya beda. Awalnya emang mau booking HSP ini untuk rombongan, ternyata untuk hari Sabtu malam Minggu sudah full booked karena ada acara disini.
Setelah check-out, jemput temen Pabeb yang lain dan istrinya dulu di bandara. Jadi yang berangkat duluan tiga orang beserta istri, total 6 orang dan 1 bocah. Dari bandara makan siang dulu kemudian menuju Danau Kaolin, tempat wisata yang deket bandara.
 Danau Kaolin ini sebenernya adalah bekas pertambangan mineral Kaolin yang ditinggalkan, tapi bisa menjadi objek wisata karena bekas pertambangan ini memiliki pemandangan yang indah banget. Daratan yang berwarna putih bersih dengan timbunan pasir yang menyerupai bukit-bukit, mengelilingi danau yang bewarna biru menyala. Matching banget baju kita sama warna danaunya yak 😂  padahal gak sengaja juga.
Waktu sampe itu panasnya ya tuhan.. Ampuunn.. Panas banget.. Karena gak ada gedung dan pohon jadi kayak lebih panas dari Jakarta atau Surabaya. Terlihat ya di wajah kami yang berminyak dan mulai bewarna hitam merah kepanasan.
Ngeluarin payung pun kayak gak mempan sama panasnya. Alhasil foto-foto cepet-cepetan, kemudian lari masuk mobil semua, gak kuat sama panasnya 🤣🤦‍♀.
Makasih Om Dwikz udah mau jadi kameramen panas-panasan 😆
Perjalanan menuju hotel malah hujan coba setelah panasnya kayak gitu ckckck. Hari kedua sampe besok kami menginap di Swiss-belresort Tanjung Binga. Iya tempatnya deket Tanjung Binga, yang kami kira pantai yang bisa untuk berenang dan main-main. Maksudnya sebelum check-in hotel kita main dulu gitu ke deket situ, eh ternyata Tanjung Binga itu laut untuk nelayan 😅🤦‍♀ jadi isinya kapal-kapal gitu.
Waoouuww, ternyata hotelnya lebih bagus, dan beach view-nya dapet banget. Instagramable kalo kata orang-orang, recommended buat yang pengen nginep di Belitung sambil foto-foto dengan background laut.
Susah move on akutuu, masih keinget sama pemandangan hotelnya.
Sorenya maen aer lagi..
Malemnya, cari makan di kota tapi lagi-lagi berujung makan di tempat makan yang di Jakarta pun ada. 😅
Next Day di Bagian 2 yaa..