Minggu, 12 Desember 2010

Budaya Penggemar Musik Pop Korea

Qisthina. 0610010040. Budaya Penggemar Musik Pop Korea (Studi pada Pola Konsumsi dan Produksi ELF Super Junior di Kalangan Pelajar Kota Malang). Pembimbing1. Dr. Ratih Nur P., M.Si., Pembimbing2. Arief Budi N., S.Sos, M.Si


ABSTRAK

Saat ini tidak jarang seorang individu tergabung dalam kelompok penggemar yang menggemari objek tertentu, baik berupa barang-barang antik, buku, musik, tokoh tertentu dan sebagainya. Berawal dari Hallyu wave atau gelombang korea atau fenomena Korean Fever, menjadikan segala sesuatu yang berbau Korea menjadi begitu populer di kalangan masyarakat terutama para kawula muda. Begitu juga dengan musik K-pop, singkatan dari Korean Pop (Musik Pop Korea), yaitu jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan, dengan aliran musik R&B serta Hip-Hop yang berkiblat ke Amerika karena pasaran utamanya adalah remaja. Uniknya setiap grup K-pop ini memiliki sebutan masing-masing bagi para penggemarnya. Salah satunya adalah “E.L.F. (Ever Lasting Friends)” yang merupakan sebutan dari fans dari group Super Junior. Kepenggemaran pada musik K-pop ini juga terjadi di kalangan pelajar Kota Malang. Penggemar musik K-pop dan penggemar Super Junior (ELF) khususnya, memiliki budaya tersendiri yang dirasa dapat menjadikan mereka lebih dekat dengan idolanya, salah satunya adalah kegiatan konsumsi dan produksi. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui, pertama bagaimana pola konsumsi dan produksi penggemar Super Junior (ELF) di kalangan pelajar Kota Malang. Kedua, apa motif konsumsi dan produksi penggemar Super Junior (ELF) di kalangan pelajar Kota Malang.

Dalam penelitian ini menggunakan teori hiperrealitas dan simulasi, serta teori masyarakat konsumsi dari Jean P. Baudrillard, didukung dengan teori yang dikemukakan oleh Henry Jenkins tentang budaya penggemar. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif eksplanatori dengan pendekatan fenomenologi. Untuk mendapatkan hasil penelitian, peneliti menggunakan metode pengamatan, metode wawancara, dan metode dokumenter serta menggunakan teknik analisis data secara horisonalisasi.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penggemar musik K-pop melakukan pola konsumsi sebagai budaya penggemarnya. Pola konsumsi yang sering dilakukan yaitu membeli barang-barang yang berhubungan dengan idolanya, baik berupa musik album, tas, kaos, poster, dan pernik lainnya, mengunduh video idolanya dan mengikuti acara-acara yang diadakan sesama penggemar. Selain melakukan pola konsumsi, penggemar juga melakukan pola produksi, baik berupa produksi ulang maupun reproduksi sebagai salah satu budaya penggemar, yaitu berupa barang-barang yang dihasilkan dari fans untuk fans (by fans for fans), fan fiction, beberapa blog yang memberitakan kegiatan idolanya serta membuat acara-acara untuk sesama penggemar.

Kata kunci :Budaya, Penggemar, Musik Pop Korea

12 komentar:

  1. hey mbak cuQiez,,, aku lagi ambil judul skripsi tentang budaya penggemar gt,,, boleh mintak referensi dari kamu gak mbak??? mintak soft file penelitianmu gt??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, maaf baru tau kalo ada yang komen disini..
      Boleh kok, kalo bisa bantu kenapa engga? :D
      coba kirim email ke emailku aja ya, nanti tinggal aku bales.. :)

      Hapus
  2. hai mbak aku anak psikologi ub 2009 aku jg lg bahas skripsi ttg gambaran tren K-pop yang mempengaruhi perilaku konsumtif..sharing2 dunk mbak,bahasan wt ky hampir mepet2 sama..cuma aku subjeknya dari berbagai fandom..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..satu fakultas nih.. :')
      kalo boleh tau konsumsi ttg apa?

      Hapus
  3. Haii kak, aku anak sosiologi UNP,, aku juga lagi ngebuat skripsi tentang perilaku komsumsi penggemar K-pop tapi lebih kepada pilihan rasional penggemarnya. boleh mintak soft file penelitian kakak gak sebagai referensi ku??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. boleh2.. kalo bisa bantu kenapa engga? :D
      kirim email ke emailku ya..nanti aku kirim lewat email.. :)
      kesini:
      cuqiez_puss@yahoo.com
      atau
      qisthina.qt@gmail.com

      Hapus
    2. wah, makasih kak udah mau ngebantu :D
      udah aku kirim ke email kak yg cuqiez_puss@yahoo.com

      Gomawo kak :D

      Hapus
    3. Semoga bermanfaat n sukses buat skripsinya.. :D

      Ne.. Cheonmaneyo :)

      Hapus
  4. mbak, wah postingan ini udah lama. tapi saya baru buka skrng hehe. saya mahasiswa mmtc jogja mau buat karya ilmiah yg berkaitan dengan kpop ini, boleh gak saya minta datanya mbak buat referensi? makasi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, maaf ya..saya juga baru buka blog lagi, jadi baru bisa bales.
      Data seperti? Apa softfile skripsi saya kalo mau?
      kirim email aja ya.. bisa ke qisthina.qt@gmail.com atau cuqiez_puss@yahoo.com

      Hapus
  5. Assalamualaikum kak,saya anak Ekonomi Syariah UTM yang lagi bingung mau buat skripsi, saya kan pengen buat perilaku konsumsi anak k-pop tapi nanti di liat dari sudut pandang persp5ektif ekonomi islam. Boleh minta filenya ndak kak buat referensi untuk di baca. Makasih ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh.. kirim email aja ya.. bisa ke qisthina.qt@gmail.com atau cuqiez_puss@yahoo.com

      Hapus

Pengalaman Melahirkan Anak Kedua dengan Metode ERACS

 Beberapa hari sebelum lahiran, ada video viral seorang artis yang mengaku 2 jam setelah melahirkan secara C-section sudah bisa duduk, 4 jam...