Rabu, 14 Mei 2014

Cowok yang gak perhatian? Atau kamu yang manja?

"Kamu tuh kok gak pernah perhatian sedikiit aja ke aku"
"Cuek banget jadi cowok, aku kamu anggep apa?"
"Kamu dimana? Sama siapa? Pulang jam berapa? Kasih kabar dong"

Sering denger cewekmu ngucapin kalimat-kalimat itu? Atau kamu sendiri sebagai cewek yang sering ngucapin kalimat-kalimat itu? Atau malah kamu sebagai cowok juga pernah ngucapin kalimat-kalimat itu? Kalaupun gak sering, pasti pernah.

Yup, setiap orang pasti pengen diperhatiin, terutama sama pasangan.
Sudah kodrat manusia. Dari kecil kita diberi perhatian dari orang tua dan keluarga, sedikit berlebih malah. Tapi setelah beranjak dewasa, berangsur-angsur perhatian itu akan berkurang, iya tidak hilang, hanya berkurang. Oleh karena itu kita akan mulai mencari perhatian dari orang lain, terutama lawan jenis ketika kita sudah mulai merasakan ketertarikan itu. Alhasil pasangan adalah yang paling besar dibutuhkan perhatiannya sebagai pilihan terakhir.

Memang dalam suatu hubungan pasti butuh yang namanya perhatian. Jangan waktu pedekate aja sms sering, telpon tiap jam, whatsapp tiap menit, ngecek status BBM dia terus, mentionin twitternya, atau ngomenin status efbe-nya, nge-Love-in semua status Path-nya. Gak cuma itu, kadang juga ngasih-ngasih sesuatu walopun bukan ulang tahunnya, bikin surprise, bayarin tiap jalan, sering ngajak nonton, anter-jemput kemana-mana. Semua dilakuin buat ngedapetin hatinya, buat nunjukin pengorbananmu buat dia. Waktu udah dapet, beuhh boro-boro ngajak jalan, nanya "lagi apa?" aja nunggu disuruh. "Yang, kamu gak tanya aku lagi apa?" :)) wahahah
 
Itulah yang sering bikin pasangan (terutama cewek) ngomel-ngomel, kenapa perhatiannya udah laen?
Tapi eh tetapi, terkadang jadi sedikit berlebihan. Karena sudah terbiasa dengan perhatian, kadang dia pengen ditanya terus, pengen dipantau terus, pengen dikasih kabar terus, pengen disenengin terus. Manja!
Hellooww girls, kamu seneng punya cowok pengangguran nan posesif?
Gimana gak pengangguran, dia disuruh balesin sms kamu terus, ngasih kabar, harus ada buat nyenengin kamu. Emang dia gak punya kesibukan laen?
Gimana gak posesif, dia disuruh nanyain kabarmu terus, mantau kamu terus, kayak polisi yang ngecek tahanan rumah wajib lapor. Kalo terus-terusan apa gak risih? Gak pengen punya waktu bebas buat temen-temen atau keluarga?

Dalam sebuah hubungan, selalu kusarankan untuk saling mengerti. Bagiku hal ini paling penting, perdebatan macam perang dunia sekalipun ketika kita bisa saling mendengarkan, hadapi dengan kepala dingin dan mencoba mengerti atau memahami pasangan pasti akan ada jalan keluarnya.

Selalu berikan perhatian, walaupun sedikit pada pasangan seperti perhatianmu dulu saat mengejarnya. Berpikirlah seperti kamu belum mendapatkannya, berpikirlah bahwa sewaktu-waktu kamu bisa kehilangannya, berpikirlah bahwa dia adalah tuan putri atau raja yang harus selalu kamu layani dengan memberikan yang terbaik dari dirimu.
1. Saling berikan kabar
Cowok paling susah nih buat ngelakuin ini, kalo ngasih kabar takut ke ganggu kesibukannya.
"Yang aku lagi maen PS nih"
"Dimana? Sama siapa? Pulang jam berapa?"
"Baru juga sampe yang.." -___-
"Tetep bales sms-ku yaa..aku pengen kita ngobrol"
Gimana maem PS-nya kalo sambil sms-an??

Tanya kabarnya seperti twitter yang gak bosen tanya "What's happening?". Selalu berikan kabar ditengah kesibukan kalian. Jangan nunggu ditanya. Ini salah satu bentuk perhatian. Sedang apa? Dimana? Sama siapa? Dan selalu pamit setelahnya.
"Beb, aku lagi dirumah si A nih ngerjain tugas, sebentar yaa"
"Yang, aku sudah sampe kantor, aku kerja dulu yaa"

Dengan ngasih kabar, kalian udah bikin pasangan tenang, apalagi pasangan yang khawatiran. Jangan disalahkan, mereka hanya terlalu sayang dan takut kalian kenapa-kenapa kan. Jadi dengan tau kalian ada dimana dan baek-baek aja itu udah bikin mereka lega. Dan kata-kata pamit itu juga penting, itu penanda untuk jangan ganggu dulu, sabar, dan tunggu sebentar sampai aku hubungin lagi.
Nah, yang nerima juga kudu ngerti. Kalo sudah tau kabar ya syukuri dulu karena dia baek-baek aja dan kalian tau pasangan ada dimana dan ngapain. Ketika sudah dipamiti, ya sabar dan tunggu. Jangan sebentar-sebentar tanya kabar lagi. Gak cuma ganggu, tapi itu nunjukin kalian sendiri gak ada kerjaan, manja.
Kecuali pasanganmu sms, "Yang aku dirumah mantan nih, lagi nginget-nginget masa lalu" #eeaa :p
2. Usahakan ada saat dibutuhkan.
Bukan sebagai pengantar jemput, dikira tukang ojek?
Tapi saat pasangan benar-benar membutuhkanmu untuk diperhatikan. Kadang pasangan akan mengalami suatu masalah dan butuh perhatian darimu. Gak butuh yang berlebihan, mungkin hanya sekedar butuh telinga untuk mendengar keluhannya, pundak untuk bersandar melepas penatnya, dan pelukan untuk menenangkannya.
Usahakan untuk ada, luangkan waktu untuk bertemu atau telpon buat yang LDR, tanyakan kegiatannya hari ini, ngapain aja minggu ini, ada kejadian apa, ada masalah atau engga. Jangan satu pihak aja, usahakan kamu juga peka sama masalah pasangan. Sediem-diemnya pasanganmu, mungkin dia gak pengen bikin kuatir kamu, tapi coba tanya terlebih dahulu, ajarkan dia untuk berbagi dan meringankan bebannya walau hanya dengan cerita keluh kesahnya. Tunjukkan perhatianmu padanya. Jangan waktu kamu butuh perhatian dia harus ada, tapi kamu sendiri gak mau tau sama masalah pasanganmu, egois.
3. Berikan pemberian kecil.
Mungkin ini tidak harus, tapi siapa pun pasti suka kejutan dan hadiah. Berikan sesuatu yang tidak disangka-sangka, jadikan dia merasa diperhatikan. Tidak perlu sering, mahal, atau besar. Cukup sesekali, dan semampunya. Berikan coklat kecil saat dia bete karena masalah kuliahnya, antarkan jus buah kesukaannya ke kantor saat dia ada masalah di kantor, bawa obat saat dia mengeluh sakit, bawakan makan siang ke kantornya saat dia mengeluh banyak kerjaan dan tak sempat makan, berikan dia vitamin jika tak ingin dia sakit, berikan oleh-oleh setelah kalian bepergian jauh, antar kue kesukaannya saat dia malas keluar. Pemberian-pemberian kecil penuh perhatian.
 
4. Jangan menuntut.
Butuh perhatian pasangan, oke. Tapi menuntut pasangan untuk terus menerus memperhatikanmu, itu manja. Sampai tidak mau tau dengan keadaan pasangan walaupun sudah diberi alasan untuk tunggu sebentar, itu egois. Take and give. Pasanganmu adalah cerminanmu. Perbaikilah dirimu agar layak untuk diperlakukan baik. Kalo kamu bisa kasih perhatian ke dia secukupnya, dia pun akan membalas dengan hal serupa. Kalo sudah tapi dia belum bisa seperti itu, maka coba bicarakanlah, minta dia untuk sedikit lebih perhatian. Kalo masih aja engga bisa perhatian, berarti dia kurang peka dan kudu ditabok dulu biar sadar. Atau mungkin malah dia udah ngasih perhatiannya ke orang laen. #eh :p Jangan menuntut, atau dia akan berontak. Seperti karet yang ditarik terus, lama kelamaan pasti akan putus. Seperti itu juga hubungan, jika kita terlalu keras, menuntut ini itu tanpa toleransi, ya bakal putus karena pasangan gak kuat sama tekananmu.

Saling berikan perhatian sebaik mungkin untuk pasanganmu, seperti perhatian yang ingin kamu terima dari dia. Perhatikan dia sesuai porsinya untuk tunjukkan rasa sayangmu, tidak perhatian berlebihan dan tidak terlalu menuntut perhatian. Jika memang dia sayang kamu dan kamu telah berikan yang terbaik, maka kamu tidak perlu berusaha untuk mencari perhatiannya.
Sekarang kembalikan pada dirimu. Apa memang cowokmu yang gak perhatian? Atau kamu yang manja?
Jangan melihat dari sisimu saja, mungkin cowokmu sudah perhatian dengan cara berbeda, tapi kamu tidak mau mengerti. Atau memang kamu yang menuntut perhatian berlebih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Melahirkan Anak Kedua dengan Metode ERACS

 Beberapa hari sebelum lahiran, ada video viral seorang artis yang mengaku 2 jam setelah melahirkan secara C-section sudah bisa duduk, 4 jam...