Sabtu, 20 April 2013

Coba Mengertilah!

Dalam suatu hubungan pasti banyak ketidakcocokan atau ketidaksepahaman yang akhirnya menimbulkan perdebatan. Itu pasti. Tidak hanya dalam hubungan percintaan, tapi dengan teman, sahabat, bahkan keluarga pasti sering berdebat kalo sudah ada yang gak cocok dan gak sepaham. Tapi sebenarnya hal ini bisa diminimalisir, dengan cara 'mengerti' ya mengerti.

Sering banget aku denger cerita gimana orang pacaran berantem gara-gara hal yang gak sama dan mungkin hal itu sepele banget. Kalo yang berantem sebentar terus udahan sih gak masalah, kalo gara-gara hal sepele kemudian berdebat dan akhirnya putus? Nah lhoo.. apa gak rugi itu? Entar nyesel..(¬_¬")
Terus kalo berdebat sama temen ato keluarga bisa gak sapa-sapaan lama. Bahkan bisa nyatain putus temenan.. Nah lhoo..ƪ(⌣́_⌣̀”)ʃ
Mungkin beberapa langkah ini bisa dicoba saat kamu mengalami perdebatan karena ketidakcocokan.

1. Komunikasikan

Guys, Tuhan menciptakan manusia dengan sempurnanya, salah satunya kita dikasih mulut. Tidak hanya untuk makan, tapi juga untuk bicara. Maka dari itu harus kita gunakan dengan baik. Jangan karena kita cewek terus minta dimengerti tanpa harus ngomong, emang para cowok atau orang lain itu mentalis yang bisa ngerti isi hati kalian? (–˛ — º)
Cowok pun juga gitu, jangan karena ceplas-ceplos sampe gak merhatiin perasaan cewek ato orang lain. Bicarakan dengan baik, gak perlu banyak basa-basi, to the point, tapi inti yang kita maksud tersampaikan. Apa yang kamu pengen dan apa yang mereka pengen?

2. Dengarkan

Ketika kamu tidak sepaham dengan pasangan atau temen, pasti masing-masing punya argumen sendiri untuk menguatkan pahamnya. Tapi coba selalu dengarkan alasan lawan, kalau mereka tidak mengutarakannya coba tanyakan. Jangan keburu menjudge, marah-marah, tanpa tau alasan yang mereka punya.
Kadang kita nyesek atau sedih sendiri kan kalo di judge orang lain sebelum kita jelaskan duduk persoalannya? Makanya jangan melakukan hal yang sama.
Selalu coba dengarkan dulu alasan mereka. Jangan tutup telingamu hanya karena emosi.
Begitu juga kalau pasangan atau temen kalian punya salah kemudian mereka mengutarakan alasan atau sebab-sebab yang menjadikan mereka berbuat seperti itu, coba selalu pikirkan jangan langsung marah dulu,
mungkin saja alasan itu jujur. Hargai orang yang sudah berusaha jujur.


3. Pikirkan

Selalu pikirkan masak-masak apa yang mau kamu omongin dan lakuin. Jangan karena ego pribadi kamu gak mau nerima sesuatu yang sebenernya baik.
Setelah mendengarkan alasan lawan, coba pikirkan dari sudut pandang lawan, mungkin saja dia yang benar dan kita salah, jangan karena ego akhirnya kita tetap memegang teguh paham kita walaupun salah.
Tuhan berikan otak dan hati untuk menimbang baik dan buruk bukan? Selalu pikirkan dulu sebelum menyesal.

4. Mengerti

Nah, ini dia inti dari semua obrolan kita dan jalan keluar untuk meminimalisir adanya perdebatan dan konflik dalam suatu hubungan. Dengan mengerti tidak perlu ada perdebatan panjang atau bahkan perpecahan. Setelah mengomunikasikan keinginanmu, dengarkan argumen dan alasan dari pihak lawan, pikirkan mana yang lebih baik, dan cobalah mengerti. (kek lagu ya?) ( ˘ з˘ )♬♪
Gimana kalo kita gambarin aja langsung buat ngejelasin point 'mengerti' ini.. check it out.。(〃・ω・)ノ

Studi Kasus:
★ Simpel-simpel aja dulu nih ya..Kalo kamu suka baju merah, pasangan atau temen kamu suka baju kuning sedangkan kamu gak suka, coba mengerti dong.. masa' iya dipaksa pake baju merah? Atau mungkin diambil jalan tengah dengan pake baju campuran warna merah + kuning, yaitu orange.. hehehe (^▽^) Ya gak gitu juga sih.. tapi paling engga kamu harus ngerti kalo itu kesukaan dia.
Mungkin contohnya terlalu simpel, semua beranggapan "kalo cuma gitu aja sih gue juga bisa".
Tapi dari hal simpel itu kita harus belajar untuk kembangkan. Kalo kita bisa toleransi dan mengerti tentang perbedaan hal kecil, kenapa engga dengan hal besar? ( ´▽`)

★ Punya pasangan yang pecemburu? Pasti ada yang lagi ngangguk-nganggukin kepala.. (⌒˛⌒ )
Komunikasikan kalo jangan cemburu dengan teman-teman dekat kalian, karena mereka hanya teman dan kamu cuma sayang sama pasanganmu.
Dan sebagai orang yang dicemburui juga jangan menuntut untuk tidak dicemburui saja. Mengertilah bahwa pasanganmu cemburu karena takut kehilanganmu, jadi jagalah sedikit sikapmu dengan teman-temanmu saat bersama pasanganmu, jaga perasaannya.
Untuk orang yang cemburu, mengertilah bahwa teman atau sahabat pasanganmu bahkan ada didekatnya sebelum kamu, cobalah menahan sedikit rasa cemburumu.

★ Banyak pasangan yang sering bertengkar karena hal ini. "Kenapa kamu gak bisa romantis sih? (۳ ˚Д˚)۳", pasti sering banget keluar dari mulut cewek. (Not Me ┐(´~`)┌ )
Untuk para cewek, mengertilah kisah kalian tidak akan bisa sama dengan cerita dongeng, sinetron, eptipi atau film Korea. Berhentilah berangan-angan seperti itu sebelum hubungan kalian hancur berantakan.
Hubungan kalian bukan tentang Romeo dan Juliet, tapi kamu dan dia, buatlah kisah indah kalian sendiri.(◦'⌣')♥('⌣'◦) Menjalani kisah nyata kalian sendiri itu lebih menyenangkan daripada berpura-pura menjalani kisah orang lain.
Untuk para cowok, mengertilah bahwa wanita suka dengan hal-hal manis. Kalian bukan tipe orang yang romantis? Tidak masalah.. Lakukan hal-hal kecil yang menyentuh pasanganmu. Lakukan hal-hal manis yang sering kalian lakukan saat pedekate, saat kalian ingin mendapatkannya. Jangan berhenti melakukan itu saat sudah mendapatkannya. Tidak perlu hal-hal besar, cukup hal-hal kecil sepele dan sekali-sekali saja.
 
Beda kasus dengan si cowok yang romantis banget, tapi si cewek engga. How?
Namanya orang beda-beda kan ya, pasti ada cewek yang boyish banget, susah di romantisin, kadang malah geli kalo diromantisin.
Maka si cewek mengertilah kalo cowoknya romantis banget, jangan hentikan, biarkan saja dia melakukan keinginannya toh itu untuk menunjukkan rasa sayangnya kan, cobalah untuk membalasnya sesekali.
Untuk si cowok, yang sabar ya.. mengertilah, dan coba jangan terlalu romantis, sedikit kurangilah intensitas romantismu. Justru hal-hal yang dilakukan tidak sering itu lebih berkesan bukan? (•ˆ⌣ˆ​​​​•)

★ Setiap pasangan pasti ingin menghabiskan waktu sebanyak-banyaknya dengan pasangannya. Pengen sering ketemu, pengen sering jalan bareng, ngobrol bareng, apalagi yang LDR gitu yee.. miris banget kayaknya.(‾˛‾")ƪ( ˘-˘ )
Tapi pasti setiap orang punya kesibukan sendiri-sendiri, jangan dianggep pasanganmu itu nganggur banget bahkan pengangguran sekalipun. Jangan janjikan kalo kalian selalu ada untuk pasanganmu sehingga akhir-akhirnya dituntut untuk selalu ada dalam keadaan apapun. Kalopun kalian bener-bener butuh dan pasanganmu gak ada, jangan marah dulu, coba tanya alasannya dan cobalah mengerti dengan kesibukannnya.
Kalo di runtut, kalo sekarang dia gak mau mengerti kesibukanmu saat mengerjakan tugas atau masih kuliah, gimana saat kalian sudah bekerja? justru akan lebih sibuk loh.. Apa dia mau mengerti kalo saat ini saja tidak bisa mengerti kesibukanmu?
Begitu juga dengan kalian, sesibuk apapun luangkan sedikit waktu untuk pasanganmu. Bisa menyempatkan waktu dalam seminggu sibukmu untuk ketemu pasangan.
Kayak lagu itu, "Dari tujuh hari ku berikan engkau dua hari. Sabtu-Minggu aku untukmu.." ♫♪♫( ´▽`) #eeaa
Gak harus sabtu-minggu juga sih, asal bisa meluangkan satu hari khusus untuk pasanganmu. Kalo tidak ada waktu luang sekalipun dalam seminggu sibuk terus gitu ya mungkin (rempong banget kayaknya), usahakan bisa ketemu walau hanya beberapa jam saja, lunch bareng misalnya.
Minimal kasih kabar melalui sms atao telpon tidak perlu waktu banyak kan?
Untuk pasangan pun harus mengerti dan cukup puas dengan waktu luang yang sudah diusahakan untukmu.

Ingat, ini harus dilakukan dari kedua belah pihak.
Jika hanya salah satu saja yang mengerti, hal ini tidak akan berhasil, yah mungkin bisa berhasil walau harus berkorban, korban perasaan ┑(‾ε‾“)┍. Selalu ingat dan coba berpikir dari sudut pandang lawan. Bagaimana kalo kita ada di posisi dia? Apa kita mau untuk disamakan? Apa kita mau untuk tidak dimengerti? ƪ(⌣́_⌣̀”)ʃ
Perdebatan pasti akan selalu ada, perdebatan tidak mungkin dihindari, tapi pasti bisa diminimalisir sehingga tidak perlu pecah dan terlalu dibesar-besarkan karena hal sepele.
Yup, intinya kita harus bisa saling mengerti.
Mengerti bahwa setiap manusia tidak ada yang sama, kembar identik sekalipun. Walaupun kalian bertemu dengan seseorang dengan banyak kesamaan dalam minat, pasti ada beberapa hal yang sedikit berbeda.
Mengerti bahwa justru dalam perbedaan bisa jadi suatu hal yang menarik dalam hubungan kita.
Mengerti bahwa mungkin pasangan, teman atau keluarga kita justru akan memiliki banyak perbedaan.
Tidak perlu disamakan atau diselaraskan, tapi hargailah perbedaan itu.

Sebelum memutuskan untuk tidak mempertahankan lagi bersama karena adanya ketidakcocokan, selalu pikirkan alasan kenapa kalian bersama pada awalnya dan saat ini, serta kenapa hubungan kalian harus dipertahankan.
Coba mengerti dan maklumi selama hal-hal itu dapat dimaklumi, kecuali mungkin hal-hal yang berhubungan dengan prinsip, agama, atau keyakinan yang susah untuk di toleransi.
Selalu coba mengertilah dalam permasalahan yang ada.
Bukan perbedaan yang menghancurkan, tapi ego masing-masing yang selalu ingin mempertahankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Melahirkan Anak Kedua dengan Metode ERACS

 Beberapa hari sebelum lahiran, ada video viral seorang artis yang mengaku 2 jam setelah melahirkan secara C-section sudah bisa duduk, 4 jam...