Jumat, 24 April 2020

Bulbul 2nd

2 minggu sebelum mens, badan rasanya gak enak, kayak lemes banget. Mungkin masih efek capek setelah pulang dari Singapura. Tapi payudara tiba-tiba sakit banget, kayak bengkak, rasanya sama kayak waktu proses sapih Ipo dulu. Mungkin efek perubahan hormon sebelum mens. Beberapa hari terasa seperti itu tapi denial terus. Lucunya Pabeb yang kekeuh bilang, "ini kayaknya kamu hamil". Dan aku yang selalu denial, emang belum waktunya mens, kan harusnya minggu depan mensnya.
Di mingggu yang seharusnya mens, masih belum ada tanda-tanda bakalan mens. Tapi masih denial juga, mungkin telat, kan biasa toh kalo telat sehari-dua hari. Pabeb mulai gencar deh nyuruh testpack. Dan aku masih gak mau, karena takut kecewa. Beberapa bulan sempet telat, taunya ya emang cuma telat 1-2 hari kemudian mens. Hari ke 3 setelah hari yang seharusnya mens, diem-diem sebelum sholat subuh nyoba ngeluarin simpenan testpack sisa waktu jaman tes kehamilan Ipo. Dagdigdug pasti. Dan yak, hasilnya POSITIF tapi buram (gak jelas).
Kemudian berdebat sama Pabeb, "ya ini positif beb kan ada garisnya yang muncul walaupun gak jelas". Aku masih saja denial dan bilang mungkin testpacknya rusak, karena kadaluarsa sudah lama. 😶 Mari kita coba tes, seminggu lagi.
Dalam seminggu sering mual, gak bisa makan banyak, males makan, tapi kalo perut kosong mual juga. Persis banget waktu jaman hamil Ipo dulu. Pabeb cuma ngelirik aja, aku sudah ngegas, " Enggaa.. Ini paling cuma masuk angin". Hahahahah
Minggu kedua setelah telat mens, nyoba tes lagi dengan testpack baru. Jengjengjeng, hasilnya lagi-lagi POSITIF buram. 😭 Mau denial lagi sudah 2x positif walaupun hasilnya buram banget.

Karena wabah covid-19, jadi gak bisa langsung periksa ke RS, bingung, tapi tetep harus periksa minimal biar dapet obat dan vitamin. Akhirnya memutuskan ke bidan deket rumah.
Jadi ini beneran hamil gak bu? Karena hasil testpacknya gak jelas banget.
"Ya hamil ini mbak.. Kan memang sudah telat dan walaupun buram kalo ada garis 2 ya positif"
Soalnya kan bulan lalu (waktu di Singapura) saya mens cuma satu hari tu bu, kemudian besoknya gak keluar lagi mensnya.
"Tapi keluar darah banyak kan? Ya tetap mens itu hitungannya. Dan sekarang hamil hitungannya dari mens itu sudah 5 masuk 6 minggu"
Jgeerrr!!!
Kemudian Bu bidan ngasih obat mual dan resep vitamin. Yang kemudian Pabeb nebusnya malah nambah macem-macem karena kemakan rayuan sales. 😂
"Kata salesnya ini bagus buat bumil beb, biar punggung gak sakit."
Iya-in aja deh, nanti diminum semua yak 😅
Tapi sampe sekarang kayak masih belum percaya gitu ini beneran hamil apa engga, kalo ke dokter kan ada USG gitu ya, kayak dulu jaman Ipo awal periksa sudah terlihat minimal kantong kandungannya walaupun belum terlihat janinnya. Tapi gak bisa ke RS karena PSBB 😭 yang boleh ke RS hanya yang gawat darurat aja kan. Semoga cepet berlalu deh ini wabah, biar bisa periksa ke RS.

Kenapa aku denial terus? Karena sesungguhnya, aku ngrasa masih belum siap punya anak lagi. 😭
Pengen banget segera punya anak lagi, sudah setahun ini kami juga program mandiri biar bisa hamil lagi, bahkan anak temen yang sepantaran Ipo ada yang sudah punya adek rasanya iri banget dan berdoa semoga bisa cepet hamil lagi. Belum lagi mertua yang bilang jangan jauh-jauh jaraknya, ayo hamil lagi. Tapi tapi tapi, setelah Alloh kabulkan dikasih hamil lagi, mendadak kayak orang bingung. Mendadak banyak banget yang dipikirin. Apa kami sudah siap nambah tanggungan padahal keadaan ekonomi masih belum pas betul? Apa aku siap meramut 2 anak padahal belum bisa ngatur emosi dengan 1 anak saja? Apa Ipo sudah siap berbagi kasih sayang, sedangkan dia masih butuh banyak perhatian karena speechdelay? Dan sebagainya-dan sebagainya. Terlalu banyak yang aku pikirkan, sampe Pabeb sering mergokin aku yang kayak bengong kemudian diteriakin, "mikir opo buk?". Kadang nangis-nangis sendiri kalo malem, kepikiran lagi.
Bahkan aku gak mau ada orang tau dulu kalo aku hamil, belum pasti juga pikirku. Apalagi ke Mama yang kadang bilang, " Gpp kak, gak usah hamil dulu, kamu fokus aja sama Ipo. Nanti kalo Ipo sudah bisa ngomong, baru deh hamil". Dan saat ini Ipo belum lancar ngomongnya, tapi aku sudah hamil. Kami berdua sepakat merahasiakan dulu dari kedua orang tua kami masing-masing, sampai nanti waktunya pulang kampung.
Eh, kemudian tiba-tiba ada kabar kalo adek minta kawin dong. Wah gak bisa ini disembunyiin terus, karena agar supaya mereka juga bisa memperkirakan waktu yang tepat untuk tanggal pernikahannya biar gak bareng sama lahiranku nanti. Akhirnya belum sebulan udah kebongkar deh kalo aku hamil.
Tapi dengan kebongkar, aku jadi tau kalo ternyata Mama dan Papa juga bahagia denger kabar calon cucu kedua. Mama mulai ngomel lagi tentang banyak hal agar jaga kesehatan. Jadi ada rasa seneng dan sedikit tenang karena menerima dukungan dari Mama. Juga ngelihat Pabeb jadi sering bantuin tugas rumah, jaga agar aku gak kecapean dan peduli kalo aku mual-mual, jadi lebih tenang dan mulai berpikir "Insyaalloh kami siap untuk anak kedua ya? ".

Lucunya, aku hamil selalu setelah pulang dari luar negeri. Yang dulu setelah pulang umroh langsung gak mens dan ternyata bener hamil Ipo, yang sekarang pulang dari Singapura kok gak mens lagi, ternyata positif juga. 🤣 Sampe Pabeb ngomong, "hamil ketiga mau ke negara mana lagi buk?" 🤭

Bulan depan seharusnya sudah 3 bulan, semoga sudah bisa periksa ke RS, karena pengen banget lihat apa bener sudah ada Bulbul kedua di rahimku? Sehat-sehat yaa nak, sampai ketemu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Melahirkan Anak Kedua dengan Metode ERACS

 Beberapa hari sebelum lahiran, ada video viral seorang artis yang mengaku 2 jam setelah melahirkan secara C-section sudah bisa duduk, 4 jam...