Rabu, 28 Desember 2016

36 weeks, still counting with deg-degan..hahah
Yup.. sudah 9 bulan, harusnya sudah nunggu dengan menghitung hari, walopun hari perkiraan lahir dari dokter tanggal 20 Januari 2017 yang masih agak lama, tapi sebelum tanggal itu apapun bisa terjadi.
Hari ini jadwal di RS agak padat, dari pagi sudah disini untuk periksa ke dokter mata. Sebenernya sudah dirujuk untuk periksa mata dari 2 minggu lalu, tapi dokter mata lagi libur barengan jadi gak bisa periksa walopun sudah berkali-kali daftar, berkali-kali juga di cancel dari pihak RS.
Di rujuk untuk periksa ke dokter mata dulu karena minus kaca mataku yang tergolong banyak atau tebal. Apa masih bisa melahirkan normal dengan minus banyak?
Jam 8 sudah ke RS, untung dapet nomer 1. Sebelum diperiksa, dokter jelasin kalo akan dilakukan tindakan berupa tetes mata setiap 5 menit sekali, yang mana obat tetes mata itu bikin syaraf mata tegang, simulasi ketika syaraf menegang ketika mengejan saat melahirkan. Aku duduk di depan ruang dokter mata, jadi susternya yang bolak balik untuk netesin tu obat mata.
Sebelumnya suster tanya, "ibu ke RS sama siapa? Kalo sendirian, kita gak ngebolehin ibu pulang sampai ada wali yang menemani. Karena obat mata ini efeknya bikin rabun sampai 5 jam ke depan".
Tadi yang nganter uyi sih, tapi cuma nganter aja. Setelah ini aku masih ada jadwal senam hamil dan kontrol ke dokter kandungan, karena bakal lama dan sampe siang makanya aku ditinggal sendiri, untuk pulang nanti urusan belakangan, ntah dijemput atau pulang sendiri.
Suster berkali-kali ngingetin untuk ditemani keluarga, karena bahaya kalo aku jalan sendirian dalam kondisi rabun. Dan bener aja, tu obat mata periiihhh bangeettt dan harus ditetes terus. Setelah 30 menit di tetes berkali-kali, dokter mulai periksa pake senter. Dan hasilnya, ada degenerasi pada mata sehingga syaraf mata tipis. Sebenernya batas mata minus yang masih bisa melahirkan normal itu minus 7, sedangkan aku masih minus 5. Keputusan kembali ke dokter kandungan, apakah aku diperbolehkan melahirkan normal atau tidak.
Sudah nghubungin Mama buat nemenin, tapi mungkin karena masih perjalanan jadi belum dateng, sedangkan aku ada jadwal senam hamil. Suster ngingetin lagi kalo ditunggu aja keluarganya, tapi aku ngrasa gak papa kalo cuma jalan sendiri naik lift ke lantai 5 buat senam hamil. Ternyata bener aja semua jadi rabun banget walopun sudah pake kacamata, bahkan agak pusing waktu baca hp. Aku kuat-kuatin sampe ke lantai 5.
Di tengah senam, ternyata Mama dateng. Karena jadwal kontrol dokter kandungan masih 2 jam lagi, kita putuskan jalan ke mall sebelah lagi.. hahah Dan bener aja, mata masih rabun. Untuk lihat dekat masih bisa, lihat jauh sudah samar, dan ketika keluar RS kena sinar matahari mata langsung buram, pusing, dan aku harus jalan pegangan Mama kayak orang buta.
Seperti biasa, kontrol tanpa keluhan. USG pun semua bagus, posisi adek juga tetap. Dari hasil periksa mata tadi, keputusannya gimana dok?
"Kalo hanya minus yang banyak saya masih bisa menyarankan untuk melahirkan normal, tapi ini ada degenerasi, syaraf matanya tipis. Kalo mengejan bisa putus, caesar aja ya?"
Udah gak bisa normal beneran dok?
"Ya terserah sih.. tapi saya tidak menyarankan karena resikonya. Kalo setuju operasi, silahkan tentukan tanggalnya sama mas nya".
Yahhh.. kecewa sih awalnya gak bisa melahirkan normal, tapi gimana lagi. Si bebeb pun awalnya masih kekeuh kalo aku bisa melahirkan normal, mungkin dokternya salah katanya. Tapi setelah tau penyebabnya dia mau terima kalo aku harus operasi untuk melahirkan. Pembicaraan pun berlanjut dengan penentuan tanggal lahiran. Dari penjelasan dokter, aku sudah bisa lahiran antara tanggal 8 sampai 30 Januari, tinggal dipilih. Bebeb cuma pengen aku lahiran hari Sabtu, tanggal berapa pun, dia pengen cutinya pas waktu dia pulang ke Malang. Dan kemungkinan aku pilih hari sabtu tanggal 21, karena hari perkiraan lahir dari dokter awalnya tanggal 20, biar gak mleset-mleset banget dan masih banyak waktu buat persiapan. Walaupun operasi, semoga semua sehat dan baik-baik.. Aamiin..
Oiya, walaupun lagi shock dan sedih tapi masih tetep excited buat cepet-cepet ketemu bulbul sih.. jadi menghibur dirinya dengan mulai nyiap-nyiapin peralatan dan baju-bajunya.
Udah belanja-belanji baju dan peralatan bayi yang lucu-lucu, dari yang murah sampe yang mahal. Namanya juga anak pertama yaa jadi gak kira-kira ngeluarin duitnya 😅. Padahal udah banyak yang bilang jangan beli baju bayi banyak-banyak karena bayi cepet banget gedhenya dan cepet juga gak kepakenya, tapi tiap masuk toko bayi yaa khilaf lagi 😂
Stroller warisan dari Kak Na, karena dia punya tiga stroller buat anaknya, jadi satu bisa buat aku. Walaupun model lama tapi masih bagus, dan tinggal dibersihin aja sedikit plus dibeliin alas strollernya. Makasih banyak ya Kak Na.. 😁 kebantu banget gak perlu beli stroller yang harganya lumayan hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Melahirkan Anak Kedua dengan Metode ERACS

 Beberapa hari sebelum lahiran, ada video viral seorang artis yang mengaku 2 jam setelah melahirkan secara C-section sudah bisa duduk, 4 jam...