Jumat, 07 Juni 2013

Terbuang oleh 'Sahabat'?

Ada permasalahan antar teman yang menghangat akhir-akhir ini di temen-temen bebeb. Gak pengen ngebahas itu sih, cuma keinget aja permasalahan antar teman yang pernah aku sendiri alamin.
 
Di awal kuliah, aku punya temen deket.
Ya karena dia dari SMA yang sama yang ternyata satu jurusan, pasti dialah teman pertama yang aku kenal. Berlanjut hingga ospek selesai, saat-saat perkuliahan pun aku terus bersama dia, sebut saja "Z".
Mungkin karena NIM kita berdua berdekatan, kita pun ditempatkan sekelas, alhasil kalo ada tugas berkelompok aku pun bareng sama dia. Ada satu lagi temenku, sebut saja "Y", orangnya rame, awalnya dia sering ngumpul bareng anak-anak dari jurusan lain, tapi karena semakin tinggi semester sudah gak ada lagi kelas yang ngumpul bareng laen jurusan dia lebih sering bareng kita.
Yup, kita deket banget.. kemana-mana bertiga, di kelas bertiga, keluar kelas pun bertiga, bikin kelompok tugas juga bertiga, sampe-sampe kita disebut trio kwek-kwek sama temen-temen sejurusan.
Sebenernya aku bukan orang yang pilih-pilih temen, aku bisa berusaha deket sama siapa aja. Tapi Z ini yang ntah kenapa sering 'ngomongin' kelompok-kelompok laen. Aku tau dia punya prinsip gak pengen munafik, "gak suka sih gak suka aja, gak usah capek-capek bermuka dua." Itu yang selalu dia bilang. Tapi apa salahnya sih bergaul sama orang lain walau agak gak cocok sama kita, tapi gak perlu dimusuhin atau dijauhin juga tanpa sebab yang jelas kan? Toh mereka temen sejurusan, yang suatu saat pasti kita butuhkan.
Itulah salah satu ketidakcocokan kita, ketika terkadang aku ingin duduk di tempat laen bersebelahan dengan orang lain, dia pasti panggil-panggil "Duduk disini aja..", sambil nyediain kursi kosong di sebelahnya. Kadang aku turutin, kadang juga engga.
Saat itu aku ngerasa mereka sahabatku, karena sangking deketnya kita. Ketika aku merasa orang bersikap baik padaku, maka aku harus berusaha baik juga ke mereka, bahkan mungkin lebih baik ke mereka. Semua yang mereka pengen, aku berusaha nurut, pengen mereka seneng, pikirku saat itu.
Suatu saat ada tugas yang mengharuskan kita untuk mengerjakan sendiri-sendiri, ya tetep bertiga sekelompok tapi kita kerjakan sendiri-sendiri kemudian dikumpulkan jadi satu.
Tugas itu sulit, sampe-sampe banyak temen kita yang gak bisa ngerjain. Pada saat aku mau fotocopy tugas itu, temen-temen yang laen ngliat kerjaan kita, mereka pengen ikut fotocopy kerjaan kita. Bukan untuk dijiplak, hanya dicontoh format isinya dan ditambahi beberapa.
Toh tugasnya gak sama pikirku, aku juga sering nyonto kenapa engga berbagi sama yang laen pikirku juga waktu itu. Aku perbolehkanlah temen-temen yang laen fotocopy hasil kerjaan kita.
Si Z dan Y ternyata melihat perbuatanku. Tanpa menegur, tanpa memperingatkan, mereka hanya diam saja.
Ternyata diamnya mereka berlanjut sampai keesokan harinya. Yang awalnya kemana-mana bertiga, tetap bertiga tetapi aku didiamkan begitu saja, gak diajak ngobrol sama sekali.
Aku bingung, apa salahku? Aku diem aja. Keesokan harinya, setelah keluar kelas yang biasanya aku diajak kemana-mana bertiga, tiba-tiba ditinggal gitu aja. Aku bingung, muter-muter keliling kampus nyari mereka berdua.
Setelah ketemu, aku ngerasa seneng banget "Kalian aku cari muter-muter loh.." :D, ternyata aku tetep didiemin.
Nyesek banget saat itu, mereka cerita-cerita rame dan aku disebelahnya didiemin gitu aja. Aku sms Mitoen, "Toen dimana? butuh kamu banget.. :'(".
Ternyata gak lama mitoen lewat sama temen-temennya, walaupun ternyata belom baca tu sms. Aku langsung peluk Mitoen dan nangis sejadi-jadinya. Mitoen bingung, aku juga gak tau kenapa sampe nangis kayak gitu.
Mereka berdua pun ADA saat aku nangis, tapi cuma ngeliat sinis gitu aja. Setiap hari aku didiemin, setiap hari juga pulang kuliah aku nangis. Aku bener-bener gak punya tujuan kalo sudah keluar perkuliahan. Biasanya untuk nunggu kuliah berikutnya kita sering ke kosan Y, ntah untuk sekedar tidur atau ngobrol-ngobrol.
Setelah aku didiemin aku bener-bener gak tau harus kemana, aku baru ngerasa sikap Z yang selalu membatasi pergaulanku berdampak aku gak punya temen laen selaen mereka. Luntang-lantung sendirian, bahkan aku sempet tidur di tandon yang di bawahnya bisa buat duduk dan gak ada orangnya karena gak tau mau nunggu kuliah dimana?
 
Sampai aku memberanikan diri untuk nunut makan di kosan temen yang hanya sekedar kenal tapi gak pernah deket. Ternyata dia baik, bahkan kadang dia menawarkan untuk kekosannya untuk nunggu kuliah malem.
2 minggu aku didiemin gitu aja tanpa di sapa, aku mulai gak kuat.
Saat Z gak masuk kuliah, aku cegat Y yang pulang sendirian. Karena aku tau pasti Y ini dipengaruhi sama Z. Aku desak dia buat ngomong apa salahku sampe didiemin kayak gini? "Aku minta maaf kalo punya salah, tapi salahku apa?"
Dan bener aja, dia bilang "nanti aja sama Z ngomongnya.."
Nah kan, Z inti permasalahannya. Bahkan sampe aku desak "urusan sama Z nanti aku omongin sendiri, salahku yang ke kamu sendiri apa?"
Dia tetep bilang kudu ngomong sama Z aja.
Okeh, akhirnya aku tunggu Z sampe masuk kuliah dan minta ngomong bertiga setelah kuliah selesai. Berhari-hari aku nangis kalo sendirian, ntah itu di jalan pas nyetir, di rumah, atau dimana pun yang gak kliatan orang, jadi tau kan gimana nyeseknya pas mau ngomong bertiga? Bener-bener nahan biar aer mata gak keluar sebelum mereka ngomong. Aku tanya ke mereka aku salah apa? suara bener-bener bergetar karena nahan nangis.
Dan penjelasan mereka, Z khususnya, mereka bilang diantara kita seperti ada persaingan, terutama di bidang akademis, karena aku ngasih kelompok laen hasil kerjaan kita, yang sama aja jatuhin kerjaan kita. (Padahal sebentar pun aku gak pernah punya pikiran buat ngjatuhin mereka, apalagi di bidang akademis) Mereka juga bilang aku perhitungan, dan itu terlihat saat mereka gak sengaja jatuhin kertas dan aku gak mau ngambilin karena bukan punyaku (yang sebenernya itu dalam kondisi bercanda).
Aku gak bisa berkata-kata, cuma bisa diem, aer mata gak sanggup kebendung dan netes gitu aja. Apa semudah itu mereka memutuskan pertemanan, bukan persahabatan kita selama ini? Cuma karena itu? Karena alasan itu mereka nyakitin aku berminggu-minggu diemin aku sampe gak punya temen dan luntang-lantung sendirian?
Yang keluar  dari mulutku saat itu, "Terus gimana dong?", aer mata masih tetep keluar banyak banget walau sudah di tahan. Dan yang Z bilang, "Ya gak gimana-gimana.. kita pengen kamu introspeksi, dan mungkin kita jalan masing-masing..".
Di jalan sambil nyetir aku nangis sejadi-jadinya, hampir-hampir aku teriak sangking nyeseknya. Sampe di rumah aer mata tetep gak bisa di tahan. Aku yang biasanya kuat, gak pengen semua tau aku sedih, sampe bikin Mama bingung karena aku nangis sampe nyesek. Walaupun mulut udah aku tutupin guling biar gak terlalu keras suara nangisnya tetep aja bikin Mama masuk kamar dan tanya aku kenapa? Aku ceritain semua ke Mama sambil nangis. Mama bilang, "Ya udah, gak usah temenan lagi sama mereka. Jangan bergantung ke mereka, jalan sendiri, kamu pasti bisa, sebentar lagi lulus aja loh, buat apa orang kayak gitu di eman?", Mama ikut emosi.
Mungkin semua orang yang baca ini berpikiran sama kayak Mama, ngapain nangisin mereka? Banyak orang yang lebih baik untuk dijadikan teman. Ngapain diberatin?
Tapi gak semudah itu buatku. Aku ngerasa sudah terlalu dekat dengan mereka berdua, bahkan aku sayang mereka sebagai "sahabat" yang ternyata mereka gak berpikiran sama. Aku sudah nglakuin yang terbaik untuk mereka, walaupun semua yang kulakuin bertahun-tahun tertutupi dan hilang gitu aja karena beberapa hal yang mereka gak suka. Ya tertutupi, aku ngerasa semua usahaku sia-sia di depan mereka. Udah gitu perlakuan mereka itu sakiiiittt banget, bahkan sampe saat aku nulis ini masih kerasa sakitnya. Yup aku memaafkan walau mereka gak minta maaf, tapi bukan berarti aku melupakan bukan?
Hal ini yang sering dilakukan cewek, mendiamkan. Entah siapapun yang dia sebelin, temen atau pacar, kalo lagi sebel pasti diidiemin. Come on, manusia punya mulut buat ngomong, apa sulitnya sih ngomong apa yang gak kita suka? Emang semua orang itu peramal yang bisa ngerti salahnya apa hanya dengan didiemin terus disuruh instrospeksi diri sendiri? Apa gak lebih enak kalo kita ngomong langsung, mereka bakal langsung ngerti kita marah kenapa dan mereka ngerti salah mereka apa? Mungkin orang yang diomongin bakal sulit menerima dan membela diri, tapi maksud kita tersampaikan, dan itu lebih baik daripada diemin dan gak menghasilkan apapun, malah bikin bingung.


Pengalaman ini adalah dasar dari beberapa sikapku saat ini:
1. Aku jadi orang yang lebih frontal buat ngomong. Yahh, sebenernya udah dari kecil sih aku kalo ngomong frontal, tapi pengalaman ini bikin aku lebih percaya kalo frontal itu lebih baik daripada mendiamkan. Kalo aku gak suka, aku bakal bilang gak suka, dan apa yang mendasari kenapa aku gak suka. Dengan begitu orang yang dituju bakal ngerti apa pengen kita.

2. Aku jadi lebih terbuka sama orang. Gak pengen tertutup sama orang baru, bahkan sama orang yang gak kita suka sekalipun. Gak pengen kayak Z yang bilangnya gak mau munafik dengan gak deketin orang-orang yang gak disuka. Aku punya prinsip laen sekarang, "Sejelek apapun orang itu, suatu saat saja mungkin saja kita butuh sama dia". Apa salahnya sih banyakin temen dan ngurangin musuh? Toh bahkan saat aku dibuang sama mereka, yang nerima aku dan mau bertemen sama aku justru orang-orang yang dulu Z gak suka, sampe sekarang, mereka baek banget ternyata :') Kita bahkan lulus bareng, karna mereka punya keinginan kuat buat lulus cepet-cepet. Bersyukur banget bisa bertemen sama mereka disaat akhir kuliah dan bisa jadi motivasiku buat lulus secepatnya.

3. Prinsip hidup yang laen "Ketika orang mendekat ke aku 1 langkah, aku akan berusaha bales untuk maju 1 langkah lebih dekat dengannya. Kalo orang menjauh dariku 1 langkah, aku bisa mundur dari dia lebih dari 1 langkah!". Yup, mungkin kalimat pertama sudah aku lakuin dari dulu. Aku berusaha melakukan yang terbaik untuk membalas orang yang baik sama aku, orang yang berusaha deket sama aku. Tapi kalimat kedua itu aku bikin setelah mengalami kejadian buruk ini. Ketika mereka buang aku mungkin memang aku terpuruk, tapi saat aku bangkit, aku sadar dan berusaha berdiri tegak dengan kata-kata "aku gak butuh mereka yang buang aku!" untuk selalu menegarkan hatiku. Sampai saat ini pun selalu aku lakukan. Berusaha berbuat baik pada orang yang baik padaku, berusaha mendekatkan diri saat mendekat, tapi akan ada jarak. Ntahlah, mungkin trauma, tapi berusaha untuk tidak terlalu dekat karena saat mereka tak membutuhkan aku lagi atau bahkan membuangku, aku tidak terpuruk seperti yang dulu. Memang akan sulit menemukan sahabat, tapi memperbanyak teman akan lebih baik daripada hanya memiliki 1 sahabat yang ntah mereka memiliki perasaan yang sama atau tidak.

Prinsip-prinsip ini yang slalu aku pegang sejak pengalaman yang mereka berdua berikan. Walaupun begitu aku berterimakasih sama mereka karena pernah jadi 'sahabat'ku. Sampe sekarang gak tau kabarnya sih, tapi kalo ketemu masih nyapa kok, kan masih temenan, aku gak pernah anggep mereka musuh kok. Makasih juga buat pengalamannya hingga aku punya prinsip-prinsip hidup ini. Especially, makasih banget buat temen-temen yang mau nerima aku disaat aku sendiri dan terbuang, tengkyuu Miracle 23. Makasih juga buat temen-temen sabil-ku yang selalu bisa jadi semangatku, karna kita bukan hanya temen dunia, insyaalloh di akhirot juga setelah selalu memperjuangkan agama Alloh bareng-bareng. Amiin.. :D

Pesanku, selalu jaga baik-baik teman atau bahkan sahabatmu yang ada saat ini. Perlakukan mereka dengan baik sebaik mereka memperlakukanmu atau bahkan lebih baik dari mereka. Jika mereka 'membuangmu', kuatlah, percayalah bahwa mungkin mereka bukan 'sahabat' atau teman yang baik untukmu. Perbaikilah dirimu, karena suatu hari Tuhan pasti akan berikan sahabat dan teman yang lebih baik untukmu sesuai dengan kepribadianmu. n_n

4 komentar:

  1. Allahu akbar.. trimakasi mbk buat postingannya, berarti bgt :')
    aku ga bs ngmg apa2 wes.. bingung mnemukan solusinya.. uda basi jg kyknya.
    kata2nya bner bgt dstu.. skali lg trimakasiih :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 Laras.. n_n
      aku cuma cerita pengalamanku kok.. :')
      yg sabar aja ya.. :)

      Hapus
  2. memang bgtu lh sahabat ..,, terkadang kita di buang kadang di pungut lagi,,.. , sahabat emang kaga selamanya pasti ada waktunya berakhir..,, saya suka postingan anda'', tetap semangat dan jadi diri sendiri jgn biar kan hati kamu jadi kosong karna sahabat , (seperti saya melupakan semua nama,tempat,dan kenangan sahabat saya) buat hatimu dan dirimu bahagia dengan apa yg kamu lakukan sekarang ';' :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banget n_n
      Semoga kamu juga bahagia dengan pendirianmu :)
      Semangat!!

      Hapus

Pengalaman Melahirkan Anak Kedua dengan Metode ERACS

 Beberapa hari sebelum lahiran, ada video viral seorang artis yang mengaku 2 jam setelah melahirkan secara C-section sudah bisa duduk, 4 jam...